TUGAS
PROPOSAL PENULISAN ILMIAH
PROPOSAL
PENELITIAN ILMIAH
PEMBUATAN APLIKASI KASIR DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA
PEMROGRAMAN JAVA &PHP
DIAJUKAN OLEH
RICHAD RIVANTO DAVID
NPM : 17113594
PROGRAM SARJANA SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang :
Alasan saya memilih aplikasi kasir menggunakan bahasa
java karena saya terinspirasi dengan aplikasi kasir cafeternama di Indonesia
sehingga membuat saya menjadi ingin untuk membuat aplikasi itu sendiri.
Aplikasi ini sudah pernah di tulis oleh seseorang di
blog. Tetapi disini saya mengembangkan dengan beberapa kelebihan fitur di
aplikasi tersebut dan menutupi kelemahan dari aplikasi sebelumnya.
Letak perbedaan aplikasi yang saya buat dengan
aplikasi terdahulu yaitu saya menambahkan menu minuman di aplikasi tersebut dan
menambahkan perintah confirm exit serta beberapa font background.
Disini saya paparkan dengan jelas mengapa saya
menggunakan bahasa java untuk membangun sebuah aplikasi kasir? Sangat jelas
bahwa Aplikasi Java memang sudah terkenal akan kehebatannya dalam membuat suatu
aplikasi atau program. Tetapi suatu bahasa pemrograman tidak selamanya hanya
mempunyai kelebihan saja melainkan kekurangannya pun pasti ada. Disini saya
jelaskan kelebihan dan kekurangan bahasa java.
A. Kelebihan
• Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah
dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan
prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram
cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang
dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat
dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini
memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system
Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang
didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun
Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya
sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan
bytecode tersebut.
• OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram
Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah
Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara
murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini
sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi
kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan
terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa
pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi
antara komputer sekalipun.
• Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal
dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang
disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh
para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini
ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat
perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan
aplikasi.
• Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa
pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java.
Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang
pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan
mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh
murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
• Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas
pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan
pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai
secara luas).
B. Kekurangan
• Tulis sekali, perbaiki di mana saja - Masih
ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform
lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi
pada Mac OS X.
• Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses
membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena koe
jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat
tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga
terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan
program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
• Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori
untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi
generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan
Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang
menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah),
tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin
komputer berumur lebih dari 4 tahun.
1.2 Ruang Lingkup :
Aplikasi ini cukup sederhana karena hanya dibatasi
untuk transaksi dan pembayaran atau pembelian saja.
1.3
Tujuan Penelitian :
Mengatur dalam interaksi langsung dengan customer dan
pelayan yang merupakan bentuk penyajian akhir dari sistem yang dibangun /
dijalankan yaitu Sebuah Aplikasi Java.
1.4
Metode Penelitian :
Dalam membangun aplikasi kasir ini dibutuhkan beberapa
program seperti :
1.
Menginstal Netbeans
2. Menginstal Java yaitu JDK.
3.
Menginstal Xampp untuk pembuatan database.
Dalam penulisan ilmiah ini, saya menggunakan metode
studi pengumpulan data dari membangun aplikasi kasir di Netbeans yang akan
terkoneksi langsung ke databse yaitu phpmyadmin sehingga dari situs yang telah
ada untuk di jadikan bahan acuan kemudian di implementasikan.
1.5
Sistematika Penelitian :
Bab
1 PENDAHULUAN
Pada
Bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang masalah, ruang lingkup,
tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
Bab 2 LANDASAN TEORI
Pada Bab ini penulis menguraikan tentang pengertian
Java, PHP, Netbeans, Xampp, JDK(JAVA
DEVOLEPMENT KIT), serta Database.
Bab 3 ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada Bab ini penuis menguraikan tentang perancangan
dan aplikasi yang akan dibuat, dapat berupa tampilan rancangan layar input,
output atau hasil dan menguraikan membuat aplikasi kasir itu sendiri berikut
tampilan hasilnya.
Bab 4 KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan tentang
masalah-masalah yang diajukan penulis yang diperoleh dari penelitian serta
saran-saran yang ditujukan kepada pihak-pihak yang terkait sehubungan dengan
pengembangan penelitian.
BAB 2
LANDASAN TEORI
2.1 Java
Java adalah
bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai komputer, bahkan telepon
genggam sekalipun. Java merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek. Objek
maksudnya adalah apapun yang terdapat pada java adalah objek, jadi dapat
memudahkan user untuk membuat, mendesain, mengembangkan program dengan mudah
dan cepat. Java dapat di jalankan di berbagai komputer? maksudnya adalah karena
dilihat dari segi fungsinya bahasa pemrograman java dapat berjalan dengan baik
di berbagai sistem operasai yang berbeda, oleh karena itu java di kenal dengan
slogannya "Write Once, Run Anywhere" yang artinya Tulis sekali, jalankan
di mana pun.
2.2 PHP
PHP
adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP
banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk
membangun sebuah CMS.
2.3 NETBEANS
Netbeans
adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang
berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing
merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat
berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan
Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam
suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI),
suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
2.4 XAMPP
XAMPP
adalah perangkat lunak ( free software) bebas, yang mendukung untuk
banyak sistem operasi, yang merupakan
kompilasi dari beberapa program.
2.5 JDK
JDK
(Java Development Kit) adalah Paket fungsi API untuk bahasa pemrograman Java,
meliputi Java Runtime Environment (JRE) dan Java Virtual Machine (JVM).
2.6 DATABASE
Database
atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam
komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak
(program aplikasi) untuk menghasilkan informasi.
BAB 3
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab
ini berisikan tentang susunan pembuatan aplikasi kasir sampai selesai.
BAB 4
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan :
Kesimpulan,
berisi jawaban dari tujuan yang diajukan penulis pada Bab 1, yang
diperoleh dari kegiatan penelitian.
4.2 Saran :
Saran,
berisi pemberian saran yang berkaitan dengan penelitian ini (Pembuatan Aplikasi Kasir menggunakan Bahasa Pemrograman Java &PHP).
Ini tugas yang disuruh buat Proposal ya richad ???
BalasHapusMantap chad
BalasHapus