Sabtu, 19 Desember 2015

CONTOH PENULISAN ILMIAH


TUGAS PROPOSAL PENULISAN ILMIAH 

PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH
PEMBUATAN APLIKASI KASIR DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA &PHP


   Hasil gambar untuk gunadarma    
DIAJUKAN OLEH

RICHAD RIVANTO DAVID
NPM : 17113594

PROGRAM SARJANA SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
  

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang :

Alasan saya memilih aplikasi kasir menggunakan bahasa java karena saya terinspirasi dengan aplikasi kasir cafeternama di Indonesia sehingga membuat saya menjadi ingin untuk membuat aplikasi itu sendiri.
Aplikasi ini sudah pernah di tulis oleh seseorang di blog. Tetapi disini saya mengembangkan dengan beberapa kelebihan fitur di aplikasi tersebut dan menutupi kelemahan dari aplikasi sebelumnya.
Letak perbedaan aplikasi yang saya buat dengan aplikasi terdahulu yaitu saya menambahkan menu minuman di aplikasi tersebut dan menambahkan perintah confirm exit serta beberapa font background.
Disini saya paparkan dengan jelas mengapa saya menggunakan bahasa java untuk membangun sebuah aplikasi kasir? Sangat jelas bahwa Aplikasi Java memang sudah terkenal akan kehebatannya dalam membuat suatu aplikasi atau program. Tetapi suatu bahasa pemrograman tidak selamanya hanya mempunyai kelebihan saja melainkan kekurangannya pun pasti ada. Disini saya jelaskan kelebihan dan kekurangan bahasa java.

A. Kelebihan

•  Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

• OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

• Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

• Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

• Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

B. Kekurangan

•  Tulis sekali, perbaiki di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

•  Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena koe jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.

• Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.  

1.2 Ruang Lingkup :

Aplikasi ini cukup sederhana karena hanya dibatasi untuk transaksi dan pembayaran atau pembelian saja.

1.3 Tujuan Penelitian :

Mengatur dalam interaksi langsung dengan customer dan pelayan yang merupakan bentuk penyajian akhir dari sistem yang dibangun / dijalankan yaitu Sebuah Aplikasi Java.

1.4 Metode Penelitian :

Dalam membangun aplikasi kasir ini dibutuhkan beberapa program seperti :
1. Menginstal Netbeans
2.  Menginstal Java yaitu JDK.
3. Menginstal Xampp untuk pembuatan database.

Dalam penulisan ilmiah ini, saya menggunakan metode studi pengumpulan data dari membangun aplikasi kasir di Netbeans yang akan terkoneksi langsung ke databse yaitu phpmyadmin sehingga dari situs yang telah ada untuk di jadikan bahan acuan kemudian di implementasikan. 

1.5 Sistematika Penelitian :

Bab 1 PENDAHULUAN 

Pada Bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.

Bab 2 LANDASAN TEORI

Pada Bab ini penulis menguraikan tentang pengertian Java, PHP, Netbeans, Xampp, JDK(JAVA DEVOLEPMENT KIT), serta Database.

Bab 3 ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pada Bab ini penuis menguraikan tentang perancangan dan aplikasi yang akan dibuat, dapat berupa tampilan rancangan layar input, output atau hasil dan menguraikan membuat aplikasi kasir itu sendiri berikut tampilan hasilnya.

Bab 4 KESIMPULAN DAN SARAN

Pada Bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan tentang masalah-masalah yang diajukan penulis yang diperoleh dari penelitian serta saran-saran yang ditujukan kepada pihak-pihak yang terkait sehubungan dengan pengembangan penelitian.

BAB 2

LANDASAN TEORI

2.1 Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai komputer, bahkan telepon genggam sekalipun. Java merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek. Objek maksudnya adalah apapun yang terdapat pada java adalah objek, jadi dapat memudahkan user untuk membuat, mendesain, mengembangkan program dengan mudah dan cepat. Java dapat di jalankan di berbagai komputer? maksudnya adalah karena dilihat dari segi fungsinya bahasa pemrograman java dapat berjalan dengan baik di berbagai sistem operasai yang berbeda, oleh karena itu java di kenal dengan slogannya "Write Once, Run Anywhere" yang artinya Tulis sekali, jalankan di mana pun.

2.2 PHP

PHP adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

2.3 NETBEANS

Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.

2.4 XAMPP

XAMPP  adalah perangkat lunak ( free software) bebas, yang mendukung untuk banyak sistem operasi, yang  merupakan kompilasi dari beberapa program.

2.5 JDK

JDK (Java Development Kit) adalah Paket fungsi API untuk bahasa pemrograman Java, meliputi Java Runtime Environment (JRE) dan Java Virtual Machine (JVM).

2.6 DATABASE

Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi.

BAB 3

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Bab ini berisikan tentang susunan pembuatan aplikasi kasir sampai selesai.

BAB 4

KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan :

Kesimpulan, berisi jawaban dari tujuan yang diajukan penulis pada Bab 1, yang diperoleh dari kegiatan penelitian.

4.2 Saran :

Saran, berisi pemberian saran yang berkaitan dengan penelitian ini (Pembuatan Aplikasi Kasir menggunakan Bahasa Pemrograman Java &PHP).





2 komentar: