Buku Besar adalah Buku yang
berisi Kumpulan Akun / Pemikiran.
Buku Besar terbagi menjadi dua
yaitu :
- Buku Besar Umum yaitu Buku
Pembantu Kewajiban Hutang
- Buku Besar Pembantu
Rekening Yang Dibentuk di Akhir Periode
Rekening Yang Dibentuk di Akhir
Periode, yaitu Rekening Nominal. Apa
itu Rekening Nominal? Rekening Nominal adalah rekening-rekening
yang dibentuk pada akhir periode yang dimana rekening tersebut akan dilaporkan
dalam laporan Rugi-laba. Dan seluruh rekening nominal tersebut harus ditutup
dengan saldo nol (tidak memiliki saldo).
Perbedaan Saldo Sebelum Penutupan dan Saldo Setelah Penutupan
Saldo Sebelum Penutupan merupakan
kumpulan saldo semua buku besar serta belum terdistribusikan antara akun riil
(neraca) dengan nominal (laba-rugi). Dan masih bisa melihat rincian biaya dan
pendapatan (akun nominal). Saldo Sebelum Penutupan juga merupakan saldo dari perhitungan saldo awal plus / minus transaksi
selama satu periode serta belum ada jurnal penutup dan penyesuaian.
Sedangkan Saldo Setelah
Penutupan merupakan saldo setelah dilakukan jurnal penutup (closing entries).
Jurnal penutup ini menutup seluruh account nominal (pendapatan dan biaya) yang
dikumpulkan/diakumulasikan dalam retained earnings dalam account riil (neraca).
Dan Perlu Ingat Kembali Bahwa Saldo Setelah Penutupan adalah Saldo yang sudah pasti
dan tidak boleh di ubah seperti penambahan transaksi atau pengurangan
transaksi.
Rekening – Rekening Yang Harus Disesuaikan Kembali
Pada dasarnya rekening-rekening yang harus
disesuaikan kembali dikelompokkan ke dalam dua kategori yaitu :
1. Penangguhan
(Deferral)
a. Perskot
Biaya adalah merupakan Kas ang
dibayarkan dimuka sebelum manfaat barang atau jasa tersebut diterima. Pada
Akhir Periode, Akuntansi rekening-rekening semacam ini biasanya menunjukkan jumlah
biaya dibayar di muka umum yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah
sesungguhnya dan masih merupakan uang muka.
b. Pendapatan
Diterima Di Muka(Unearned Revenue) adalah kas yang diterima dimuka dari
Konsumen sebelum pendapatan tersebut direlisasi.
2. Aktual
a. Biaya
yang masih harus dibayar (Accured Expenses) adalah biaya-biaya yang sudah
terjadi akan tetapi belum dicatat atau diakui sampai dengan akhir periode
akuntansi.
b. Pendapatan
yang masih harus diterima (Accured Revenue) adalah pendapatan yang diperoleh
dari adanya penyerahan barang atau jasa kepada konsumen akan tetapi sampai
dengan akhir periode akuntansi pendapatan tersebut belum diterima oleh
perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar